Website resmi Pemerintah Desa Tambahrejo. Web ini merupakan migrasi dari desatambahrejo.blogspot.com. Web ini masih dalam pembangunan, mohon maaf bila ada menu belum dapat diakses.

 

Sejarah Desa Tambahrejo

Mas Harry 23 Januari 2021 12:35:10

Pada masa penguasaan Belanda tahun 1920-an, wilayah yang saat ini menjadi Desa Tambahrejo adalah bagian dari wilayah Wedono Selokaton dan Asisten Wedono Pagerruyung. Wilayah ini terdiri dari Desa Bogosari dengan wilayah saat itu Bogosari (saat ini RT 01-05 Rw 02) sampai wilayah Tembelang sebelah Barat (saat ini RT 01 RW 02) dengan Kepala Desa bernama “Reso Dikromo”, Desa Tembelang dengan wilayah Tembelang sebagian (RT 02-05) dan wilayah Mendek dengan Kepala Desa “Wongso Djoyo” dan Desa Gunungsari dengan wilayah saat itu wilayah Gunungsari ditambah wilayah Maron sebelah Barat dengan Carteker/Pj Kepala Desa “Towirjo Ngarip”. Sementara itu Maron sebelah Timur jalan waktu itu masih bagian dari dari Bumi Dusun Kalibareng dalam kekuasaan Residen Wedono Patean.

Setelah diadakan rembug dari ke tiga kepala desa tersebut, dan telah disetujui oleh pemerintahan pada waktu itu, maka pada tanggal 2 November 1924 dihadapan warga ke tiga Desa tersebut, disampaikan Beslit/Surat Keputusan oleh Wedono Selokaton dan Residen Wedono Pagerruyung perihal penggabungan ke tiga Desa menjadi satu Desa yaitu Desa Tambahredjo.

Keputusan ini tertuang dalam Beslit/Surat Keputusan Nomor 35 Kanjeng Tuan Residen tertanggal 17 Oktober 1924, dengan Kepala Desa pertama ditetapkan Bapak “Karyo Leksono”. Saat ini beliau dimakamkan di Pemakaman Islam Dusun Gunungsari. Dari Keputusan tersebut dinyatakan bahwa wilayah Desa Tambahredjo terdiri dari Dusun Bogosari, Dusun Tembelang, Dusun Mendek, Dusun Maron, dan Dusun Gunungsari. Nama Tambahredjo pun disesuaikan dengan ejaan baru menjadi "Tambahrejo" yang mengandung makna Tambah=Semakin bertambah dan Rejo = Ramai jadi bisa diartikan Desa Tambahrejo akan semakin ramai di kemudian hari.

Naskah asli yang menerangkan perihal Beslit/Surat Keputusan tersebut bisa dilihat pada foto, dan apabila ditulis ulang kira-kira sebagai berikut :

HING NALIKO TANGGAL KAPING 2 NOVEMBER 1924, WEDONO SELOKATON LAN RESIDEN WEDONO PAGERUYUNG SAMPUN SAMI DATENG NGEMPALAKEN TIYANG BUMI BOGOSARI (No 51), TEMBELANG (No 52), LAN GUNUNGSARI (No 53), SAEKO SUMAREP BILIH SAKING PANUWUNIPUN TIYANG BUMI TIGA DUSUN PUNIKO, KAKEMPALAKEN DADOS SETUNGGAL, SAMPUN PIKANTUK IDIN SAKING NEGARI KASEBAT BESLITIPUN KANJENG TUAN RESIDEN TANGGAL KAPING 17 OKTOBER 1924 No 35, DUSUN WAU DIPUN BLENGKET KANAMEAKEN DUSUN TAMBAHREDJO (No 51/52/53).

Beslit/Surat Keputusan penggabungan ketiga desa yaitu Tanggal 17 Oktober 1924 ini kemudian diperingati sebagai Hari Jadi Desa Tambahrejo, yaitu setiap tanggal 17 Oktober. Adapun Kepala Desa Tambahrejo sejak berdirinya sampai sekarang (2020) tercatat sudah ada 7 Kepala Desa yang memimpin Desa Tambahrejo, yaitu :

Nomor

Tahun Menjabat

Nama

1

1924 s/d 1971

Bp. Karyo Leksono

2

1971 s/d 1999

Bp. Johni Lolang

3

1999 s/d 2003

Bp. Sumanto

4

2003 s/d 2008

Bp. Hidayat

5

2008 s/d 2013

Bp. Haryanto

6

2013 s/d 2019

Bp. Arifin

7

2020 s/d Sekarang

Bp. Yulianto

 

Sumber : Buku catatan/notulen desa tahun 1924

Dirangkum oleh : Agus Haryanto

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Sinergi Program Desa

Info Covid Kendal Kab. Kendal Kec. Pageruyung

Galeri Video Desa Tambahrejo

* Koleksi video di : Tambahrejo Channel

Aparatur Desa Tambahrejo

KEPALA DESA KEPALA DUSUN 1 KEPALA DUSUN 2 KEPALA DUSUN 3 SEKRETARIS DESA KAUR PERENCANAAN KAUR UMUM KAUR KEUANGAN KASI PEMERINTAHAN KASI KESEJAHTERAAN KASI PELAYANAN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung