Sejarah Desa Tambahrejo

Administrator 15 Februari 2016 11:53:08 WIB

Sejarah Desa tambahrejo

Pada masa penguasa Belanda tahun 1920-an, wilayah yang saat ini menjadi desa Tambahrejo adalah bagian dari wilayah Wedono ( pembantu Bupati ) Selokaton dan Asisten Wedono Pageruyung (sekarang Camat). Wilayah ini terdiri dari Bumi Dusun (sekarang Desa) Gunungsari, Bumi Dusun Bogosari, dan Bumi Dusun Tembelang dengan Kepala Desa atau lurah yang memimpin pada saat itu adalah :

  1. Lurah  bumi dusun  Bogosari, beliau Bapak Reso Dikromo
  2. Lurah  bumi dusun Tembelang, beliau Bapak Wongsojoyo
  3. Lurah  bumi  dusun Gunung sari, beliau Bapak To Wiryo Ngarip

Adapun wilayahnya  bumi dusun  Bogosari waktu itu sekarang sebagian telah menjadi wilayah dusun Tembelang. Tepatnya Tembelang RT 01 RW 02. Wilayah bumi dusun Gunungsari waktu itu terdiri dari wilayah Gunungsari dan Maron sebelah barat, tetapi untuk wilayah Maron sebelah Timur masih menjadi wilayah Bumi Dusun Kalibareng. Wilayah bumi dusun Tembelang waktu itu terdiri dari Tembelang dan Mendek.

            Pada tanggal 2 November 1924, telah diadakan rembug desa yang dihadiri oleh Wedonon Selokaton dan Asisten Wedono Pageruyung serta dihadiri oleh warga bumi dusun Bogosari (Nomor 51) warga bumi dusun Tembelang  (Nomor  52) warga bumi dusun Gunungsari (Nomor 43), adapun rembug desa tersebut membicarakan tentang blengketan atau penyatuan dusun yang terdiri dari bumi dusun Bogosari, bumi dusun Tembelang dan bumi dusun  Gunungsari.

            Bahwa hasil rembug desa tersebut telah mencapai mufakat untuk menyatukan dari 3 bumi dusun menjadi 1 bumi dusun yang diberi nama bumi dusun Tambahrejo dan telah diberi ijin dari negara yaitu beslit atau surat dari Kanjeng Tuan Residen tertanggal 17 Oktober 1924 dengan Nomor 935 dan Kepala Bumi Dusun (sekarang Kepala Desa) pertama adalah Bapak Karyo Leksono dengan wilayah dusun Bogosari, dusun Tembelang, dusun Mendek, dusun Gunungsari dan dusun Maron adapun, nama Maron (Maro:jawa=separo/setengah) dikarenakan merupakan pecahan dari bumi Dusun Gunungsari dan bumi dusun Kalibareng.     

 

Adapun desa Tambahrejo pernah dipimpin oleh Kepala Desa s/d sekarang sebagai berikut :

Tahun Menjabat

Nama

1924 s/d 1971

Karyo Leksono

1971 s/d 1999

Johni Lolang

1999 s/d 2003

Sumanto

2003 s/d 2008

Hidayat

2008 s/d 2013

Haryanto

2013 s/d sekarang

Arifin

Disadur dari Notulen Rapat Desa mulai tahun 1920 s/d 1924.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

 

 

Layanan Mandiri Desa


Ketik NIK & PIN (KTP Tambahrejo)

Komentar Terkini

Balai Desa Tambahrejo

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Seputar Combine Ri

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Tim Redaksi Website Desa

Pelindung: Bp.Arifin (Kepala Desa Tambahrejo; Penasehat: Bp.Sutjiptadi (Sekretaris Desa), Bp.Sutrisno (Ketua BPD), Bp.Saras (Babinkamtibmas)dan Bp.Ahmad Sobri (Babinsa); Pimpinan Redaksi: Bp.Agus Haryanto; Admin Website: Bp. Agus Haryanto dan Bp.Afifudin; Operator SID: Ibu.Susanti dan Bp.M.Basari; Admin Facebook: Bp. Sutarto; Admin Tweeter: Bp.Agus Haryanto; Admin E-mail: Bp.Afifudin; Kontributor Desa: Bp.Widoko dan Bp.Solikhin; Kontributor Masyarakat: ... ; Publikasi dan Promosi: Bp.Kariyoso dan Bp.Adi Widodo.