Profil Desa Tambahrejo

Administrator 15 Februari 2016 11:54:27 WIB

Tambahrejo adalah salah satu desa di Kecamatan Pagerruyung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. Tambahrejo terdiri dari 5 buah dukuh, yaitu Tembelang, Bogosari, Maron, Mendek dan Gunungsari. Desa Tambahrejo terletak di pinggir jalan alternatif propinsi Jawa Tengah yang menghubungkan Jalur Pantura menuju wilayah tengah seperti, Parakan, Temanggung, Wonosobo, dan Magelang.

Keadaan Geografi

Desa Tambahrejo terletak di posisi Barat Daya Kabupaten Kendal dengan jarak tempuh 30 Km dari ibukota kabupaten dan 2 kilometer dari ibukota kecamatan, dengan curah hujan 200 Mm/ Th, bersuhu 25- 32°C. Desa ini berbatasan dengan desa Pageruyung disebelah barat, disebelah utara berbatasan dengan desa Gebangan, disebelah selatan dengan desa Kalibogor (Kecamatan Sukorejo) dan disebelah timur dengan desa Kalibareng dan desa Sukomangli (Kecamatan Patean).

Secara administratif wilayah desa Tambahrejo terdiri dari 19 RT dan 05 RW yang meliputi 5 dukuh. Secara Topografi Wilayah desa Tambahrejo terletak di daerah yang berbukit-bukit. Sebagian besar adalah tanah pertanian dan kebun yang diselingi oleh wilayah perkampungan. Desa Tambahrejo dapat dibagi dalam satu wilayah, yaitu wilayah perbukitan dengan kondisi topografi, desa Tambahrejo memiliki variasi ketinggian antara 420m - 464m dari permukaan laut. Daerah terendah adalah diwilayah RT 05 RW 01 dan daerah tertinggi adalah diwilayah RT 01 RW 02 yang merupakan wilayah perbukitan.

 Kependudukan

Jumlah penduduk desa Tambahrejo per Januari 2016 adalah sebanyak 2.906. jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 1.426 Orang dan perempuan 1.480 orang. Dari jumlah tersebut terdapat 2 warga negara asing (WNA). Penduduk desa Tambahrejo sebagian besar penduduk desa beragama Islam sejumlah 2.865 orang, Kristen 9 orang dan Katolik 32 orang.

 Keadaan Ekonomi

Secara umum kondisi perekonomian Desa Tambahrejo di topang oleh beberapa mata pencaharian dan diidentifikasi kedalam beberapa bidang mata pencaharian merata di semua sector mulai dari PNS, TNI/POLRI, Pegawai BUMN, Pedagang, Peternak, Petani, Sektor jasa seperti cetak/sablon, penjahit, Buruh Bangunan dan wiraswasta lain. Pada sector pertanian memiliki luas tegalan 108,555 ha, produksi padi mencapai 294 ton/th, produksi jagung 296 ton/th, produksi kacang 26 ton/th produksi ketela 18 ton/th, produksi pertanian lainnya (jambu getas merah )sebanyak 576 ton/th  , ternak besar/ kerbau/sapi sebanyak 147ekor/th.[2]

Ekowisata

Desa Tambahrejo memiliki potensi ekowisata kebun Jambu Getas Merah yang dikembangkan oleh perangkat desa dan warga desa Tambahrejo. Salah satu kebun jambu getas merah yang dapat dikunjungi terdapat di dukuh Bogosari, di lokasi ini pengunjung dapat menikmati pemandangan kebun serta melihat pengolahan hasil kebun jambu tersebut menjadi manisan, jus, sirup, jenang jambu serta masih banyak lagi makanan olahan dari jambu tersebut.[3]

 Pendidikan

Lokasi desa Tambahrejo yang dilintasi oleh jalur lalu lintas utama menjadikannya sebagai pusat pendidikan di kecamatan Pagerruyung. Hal ini ditandai dengan adanya fasilitas pendidikan yang terdapat di desa Tambahrejo antara lain sebagai berikut 2 SD Negeri (SD Negeri 1 dan 2 Tambahrejo) dan 1 taman kanak-kanak. Juga terdapat SMP yaitu SMP Negeri 1 Pageruyung dan SMK Negeri 5 Kendal yang letaknya berhadap-hadapan di Dusun Bogosari, dengan jurusan otomotif, mesin, tata busana dan tata boga. Pada pagi hari dan siang hari di depan dua sekolah ini sangat ramaai dengan aktivitas dan lalu lalang siswa-siswi. Di sekitar sekolah terdapat banyak kios, warung makan, salon, parkiran motor siswa sekolah dan banyak usaha rumah kos untuk memudahkan siswa SMK yang rumahnya jauh.

 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tambahrejo,_Pagerruyung,_Kendal ,

Sumber Peta :https://www.google.com/maps

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

 

 

Layanan Mandiri Desa


Ketik NIK & PIN (KTP Tambahrejo)

Komentar Terkini

Balai Desa Tambahrejo

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Seputar Combine Ri

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Tim Redaksi Website Desa

Pelindung: Bp.Arifin (Kepala Desa Tambahrejo; Penasehat: Bp.Sutjiptadi (Sekretaris Desa), Bp.Sutrisno (Ketua BPD), Bp.Saras (Babinkamtibmas)dan Bp.Ahmad Sobri (Babinsa); Pimpinan Redaksi: Bp.Agus Haryanto; Admin Website: Bp. Agus Haryanto dan Bp.Afifudin; Operator SID: Ibu.Susanti dan Bp.M.Basari; Admin Facebook: Bp. Sutarto; Admin Tweeter: Bp.Agus Haryanto; Admin E-mail: Bp.Afifudin; Kontributor Desa: Bp.Widoko dan Bp.Solikhin; Kontributor Masyarakat: ... ; Publikasi dan Promosi: Bp.Kariyoso dan Bp.Adi Widodo.