Penerbitan AKTA

Administrator 25 Februari 2016 11:35:06 WIB

Pelayanan Pencatatan Sipil meliputi:

Untuk pelayanan dokumen penctatan sipil waktu yang tercantum dalam Perbup No. 1 tahun 2012 tentang standar Operasional Pelayanan Adminuistrasi kependudukan dan pencatatan sipil selama 14 hari kalender, tetapi dalam pelaksanaannya dimaksimalkan menjadi 3 hari kalender.

  1. 1.      PENERBITAN AKTA KELAHIRAN

Akta kelahiran dibedakan atas dua jenis, yaitu :

  1. Akta kelahiran umum       : Pelaporan 60 hari sejak tanggal kelahiran
  2. Akta kelahiran terlambat : Pelaporan melebihi usia 18 tahun sejak tanggal kelahiran

PERSYARATAN :

  1. AKTA KELHIRAN UMUM :

Mengisi formulir permohonan :

  1. Formulir Master Akta kelahiran
  2. Formulir Kartu Kendali Pelayanan

MELAMPIRKAN :

  1. Surat Ketrangan kelahiran dari Kepala Desa atau Lurah
  2. Surat Ketrengan kelahiran dari Bidan atau Dokter/Penolong Kelahiran
  3. Surat pengantar Desa diketahui Camat dan diverifikasi Petugas registrasi Desa
  4. Fc, KK Fc. KTP Orang Tua/Pemohon dan Pelapor
  5. Fc. Surat nikah/Duplikat Nikah/Akta Perkawinan Orang Tua yang di leglisir
  6. Fc. KTP dua orang saksi kelahiran

Syarat tambahan :

  1. Surat kematian Orang Tua ( Jika Orang Tua telah meninggal )
  2. Fc. Akta Cerai ( apabila Orang Tua bercerai)
  3. Surat Kuasa bermaterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan
  4. Surat Ketrangan keberadaan Orang Tua jika Orang Tua tidak tercantum di KK
  5. Fc. Ijazah bagi penduduk yang telah berusia lebih dari 12 tahun atau sudah memiliki ijazah sudah dilegalisir
  6. Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- apabila jarak anak yang dimohonkan dengan anak sebelumnya lebih dari 5 tahun atau jarak peristiwa perkawinan dengan anak pertama yang dimohonkan akta lebih dari 5 tahun, yang diketahui Ketua RT, Bidan, Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat
    1. b.      Penerbitan Akta Kelahiran Terlambat

Mengisi Formulir Permohonan :

  1. Formulir Master Akta kelahiran
  2. Formulir Kartu Kendali Pelayanan

MELAMPIRKAN :

  1. Surat Keterangan Kelahiran dari Kepala Desa/Lurah
  2. Surat Ketrangan kelahiran dari Bidan/Dokter/Penolong kelahiran
  3. Surat Pengantar desa diketahui Camat dan diverifikasi Petugas registrasi Desa
  4. Fc. KK
  5. Fc. KTP Orang Tua/Pemohon dan pelapor
  6. Fc. Surat Nikah/Duplikat Nikah/Akta Perkawinan Orang Tu a yang telah dilegalisir
  7. Fc. KTP dua Orang Saksi kelahiran

Syarat Tambahan

  1. Surat kematian Orang Tua ( Jika Orang Tua telah meninggal )
  2. Fc. Akta Cerai ( apabila Orang Tua bercerai)
  3. Fc. Surat Keputusan Pengadilan Negeri Setempat ( bagi WNA dan WNI keturunan yang terlambat lapor )
  4. Surat Kuasa bermaterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan
  5. Fc. Ijazah bagi penduduk yang telah berusia lebih dari 12 tahun atau sudah memiliki ijazah sudah dilegalisir
  6. Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- apabila jarak anak yang dimohonkan dengan anak sebelumnya lebih dari 5 tahun atau jarak peristiwa perkawinan dengan anak pertama yang dimohonkan akta lebih dari 5 tahun, yang diketahui Ketua RT, Bidan, Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.

 

2. PENERBITAN AKTA PERKAWINAN

PERSYARATAN :

Mengisi formulir permohonan :

  1. Formulir Master Akta Perkawinan
  2. Formulir Kartu kendali Pelayanan

MELAMPIRKAN :

  1. Formulir untuk pencatatan perkawinan
  2. Surat pengantar dari Desa/Kelurahan diketahui Camat dan di verifikasi Petugas registrasi Desa
  3. Fc. Baptis/Sidhi
  4. Fc. Surat Nikah/Pemberkatan ( Legalisir )
  5. Fc. Akta Kelahiran (Legalisir )
  6. Fc. KTP Kedua Mempelai/calon mempelai ( Legalisir )
  7. Fc. KK mempelai/calon mempelai ( Legalisir )
  8. Fc. KTP Saksi – Saksi
  9. Pas Foto berdampingan 4x6 sebanyak 5 Lembar
  10. Fc. Akta / surat Nikah Orang tua
  11. Akta Cerai / Surat Kematian bagi duda/ Janda ( Asli )
  12. Surat Ijin Komandan ( TNI/Polri)
  13. Fc. Ganti nama ( Bagi yang nama )
  14. Surat Bukti kewarganegaraan Republik Indonesia ( SKBRI )
  15. Surat rekomendasi ( calon dari luar kabupaten Kendal )

Syarat Khusus Bagi :

  1. 1.      Pencatatan Umum ( kurang dari 60 hari )
    1. Surat Ket. Untuk Kawin ( N1 )
    2. Surat ket. Asal usul ( N2 )
    3. Surat Persetujuan calon suami / istri ( N3 )
    4. Surat Ket. Tentang Orang Tua ( N4 )
    5. Surat Persetujuan / ijin Orang Tua ( N5 )
    6. Surat ket. Sehat ( suami ) / Imunisasi ( istri )
    7. Surat pernyataan belum pernah kawin ( bermaterai 6.000 )
    8. 2.      Terlambat Pencatatan ( lebih dari 60 hari )
      1. Permohonan Pencatatan Perkawinan Terlambat
      2. Surat Pernyataan belum pernah melaksanakan pencatatan perkawinan dari pemuka agama.
      3. Surat Ket. Masih terikat perkawinan
      4. 3.      WNA ( Warga Negara Asing )
        1. POA/STMAD/Pajak Bangsa Asing
        2. KIM/KIMS/Pasport/Visa
        3. Ijin Kedutaan

Dokumen Imigrasi Lainnya

 

  1. 3.      PENERBITAN AKTA PERCERAIAN

PERSYARATAN :

Mengisi formulir laporan tentang perceraian dengan melampirkan :

  1. Surat Ket. Panitera dari Pengadilan Negeri
  2. Keputusan Pengadilan tentang Perceraian
  3. Akta perkawinan asli
  4. Surat Pengantar dari Kades/Lurah diketahui Camat
  5. Fc. KTP masing – masing
  6. Fc. KK
  7. Fc. KTP pelapor

Surat Kuasa bermaterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan

 

  1. 4.      PENERBITAN AKTA PENGANGKATAN ANAK PENGAKUAN/PENGESAHAN ANAK DAN PERUBAHAN NAMA

PERSYARATAN :

  1. AKTA PENGANGKATAN ANAK

Mengajukan permohonan, melampirkan :

  1. Surat pengantar Desa/Kelurahan diketahui Camat
  2. Surat Penetapan pengadilan tentang pengangkatan anak
  3. Kutipan Akta kelahiran anak
  4. Fc. KTP Pemohon
  5. Fc. KK pemohon
  6. AKTA PENGAKUAN ANAK

Mengajukan permohonan, melampirkan :

  1. Surat Pengantar Desa/Kelurahan diketahui Camat
  2. Surat Pernyataan Pengakuan Anak dari Ayah biologis yang disetujui oleh ibu kandung
  3. Kutipan Akta kelahiran
  4. Fc. KK dan KTP Ayah Biologis dan ibu kandung
  5. AKTA PENGESAHAN ANAK

Mengajukan Permohonan, melampirkan :

  1. Surat Pengantar Desa/Kelurahan diketahui Camat
  2. Kutipan Akta kelahiran
  3. Fc. Akta Perkawinan
  4. Fc. KK dan KTP

 

  1. AKTA PERUBAHAN

Mengajukan permohonan, melampirkan :

  1. Surat Pengantar Desa/Kelurahan diketahui Camat
  2. Salinan penetapan Pengadilan Negeri tentang perubahan nama
  3. Kutipan Akta kelahiran
  4. Kutipan Akta perkawinan bagi yang sudah menikah
  5. Fc. KTP
  6. Fc. KK
  7. PENERBITAN AKTA KEMATIAN

PERSYARATAN :

Mengisi formulir permohonan :

  1. Formulir laporan kematian
  2. Formulir Kartu Kendali Pelayanan

Melampirkan :

  1. Surat Pengantar Desa diketahui camat
  2. Surat Keterangan kematian dari pihak berwenang ( Kepala Desa/Lurah, Rumah Sakit dan Dokter )
  3. Fc. Surat Nikah yang bersangkutan atau Copy surat Nikah orang tua bagi yang belum pernah nikah
  4. Fc. KK
  5. Surat Kuasa bermaterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan
  6. Fc. KTP Pelapor dan dua orang saksi
  7. Keterangan Ahli Waris ( Lurah/Desa )
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

 

 

Layanan Mandiri Desa


Ketik NIK & PIN (KTP Tambahrejo)

Komentar Terkini

Balai Desa Tambahrejo

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Seputar Combine Ri

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Tim Redaksi Website Desa

Pelindung: Bp.Arifin (Kepala Desa Tambahrejo; Penasehat: Bp.Sutjiptadi (Sekretaris Desa), Bp.Sutrisno (Ketua BPD), Bp.Saras (Babinkamtibmas)dan Bp.Ahmad Sobri (Babinsa); Pimpinan Redaksi: Bp.Agus Haryanto; Admin Website: Bp. Agus Haryanto dan Bp.Afifudin; Operator SID: Ibu.Susanti dan Bp.M.Basari; Admin Facebook: Bp. Sutarto; Admin Tweeter: Bp.Agus Haryanto; Admin E-mail: Bp.Afifudin; Kontributor Desa: Bp.Widoko dan Bp.Solikhin; Kontributor Masyarakat: ... ; Publikasi dan Promosi: Bp.Kariyoso dan Bp.Adi Widodo.