Sosialisasi anti Gratifikasi se Kecamatan Pageruyung dan Plantungan

Administrator 20 Mei 2016 08:51:34 WIB

Kamis, (19/5) kemarin Inspektorat Kabupaten Kendal bersama Kejaksaan Negeri Kendal dan Aanggota DPRD Kendal melakukan sosialisasi anti Gratifikasi di Balai Pertemuan Kecamatan Pageruyung. Sosialisasi ini diikuti oleh desa-desa di 2 kecamatan yaitu kecamatan Pageruyung dan kecamatan Plantungan. Lalu apa iti Gratifikasi? Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, yaitu meliputi penerimaan atau pemberian uang/setara uang, barang, rabat(discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, tiket perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, parsel hari raya keagamaan dan fasilitas lainnya. Apabila ada yang ditawari hal-hal diatas segeralah melaporkan ke Inspektorat kabupaten Kendal.

Sosialisasi ini dimaksudkan agar jajaran pemerintahan desa yang saat ini mengelola dana desa cukup besar yaitu sekitar Rp. 650.000.000,- tiap desa, agar lebih berhati hati dalam melaksanakan kegiatan pengguanaan dana tersebut. Sosialisasi ini juga dimaksudkan sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi sesuai dengan perbub No 46 Tahun 2015 tentang Pedoaman Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kendal.

Apakah ada gratifikasi yang boleh diterima? alias tidak dianggap suap? gratifikasi itu antara lain fasilitas trasnportasi, akomodasi, uang saku, jamuan makan, plakat, goody bag dari panitia seminar, hadiah dalam waktu kegiatan kontes atau kompetisi dalam kedinasan. Hal-hal ini termasuk gratifikasi tetapi bukan termasuk suap, jadi boleh diterima.(Red)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

 

 

Layanan Mandiri Desa


Ketik NIK & PIN (KTP Tambahrejo)

Komentar Terkini

Balai Desa Tambahrejo

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Seputar Combine Ri

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Tim Redaksi Website Desa

Pelindung: Bp.Arifin (Kepala Desa Tambahrejo; Penasehat: Bp.Sutjiptadi (Sekretaris Desa), Bp.Sutrisno (Ketua BPD), Bp.Saras (Babinkamtibmas)dan Bp.Ahmad Sobri (Babinsa); Pimpinan Redaksi: Bp.Agus Haryanto; Admin Website: Bp. Agus Haryanto dan Bp.Afifudin; Operator SID: Ibu.Susanti dan Bp.M.Basari; Admin Facebook: Bp. Sutarto; Admin Tweeter: Bp.Agus Haryanto; Admin E-mail: Bp.Afifudin; Kontributor Desa: Bp.Widoko dan Bp.Solikhin; Kontributor Masyarakat: ... ; Publikasi dan Promosi: Bp.Kariyoso dan Bp.Adi Widodo.