Rasionalisasi PNS, target 2019 kelar...

Administrator 18 Juni 2016 11:31:15 WIB

Rasionalisasi PNS merupakan langkah percepatan penataan kualitas SDM baik yang bersifat personal maupun struktural. hal ini dilakukan sebagai jembatan bagi terwujudnya postur ideal ASN guna mendukung Nawacita yang menjadi program prioritas Kabibet Kerja dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Road Map-nya akan dilakukan dalam kurun waktu tahun 2016 - 2019. Maka dari itu, untuk memulai percepatan penataan ASN kami awali dengan audit organisasi, kemudian mulai menghitung berapa yang pensiun dan berapa yang akan disegarkan. Kebijakan penataan PNS ini akan dimulai tahun 2017. “Kami tidak pernah menyampaikan bahwa pemerintah akan memberhentikan satu juta PNS. Yang kami lakukan adalah penataan PNS, yang merupakan bagian dari road map reformasi birokrasi 2015 – 2019,” ujar pak mentri Yuddy. Ditambahkan, hal itu juga tidak lepas dari kebijakan moratorium PNS, yang antara lain dimanifestasikan dengan zero to minus growth, sehingga pada tahun 2019 nanti jumlah PNS berkurang menjadi sekitar 3,5 juta, dari saat ini 4,5 juta. “Jadi rasionalisasi itu bukan pemberhentian, tapi penataan PNS,” ujar Yuddy seraya menambahkan bahwa hal itu  sesuai dengan perintah Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Rasionalisasi sendiri menurut sumber di menpan.go.id adalah sebagai berikut :

  1. Pegawai ASN yang kompeten, berkualifikasi dan berkinerja akan terus dipertahankan.
  2. Pegawai ASN yang tidak berkompeten, dan tidak sesuai dengan kualifikasi jabatan namun memiliki kinerja yang baik akan didiklat.
  3. ASN yang berkompeten, kualifikasi sesuai, namun tidak memiliki kinerja ang baik akan dimutasi/rotasi.
  4. Pegawai ASN yang tidak memiliki kompetensi, tidak sesuai kualifikasi dengan jabatan, serta tidak memiliki kinerja yang baik akan dipensiundinikan dalam arti di rasionalisasi.

Semua itu dilakukan sebagai upaya percepatan penataan ASN sampai target di tahun 2019, Indonesia akan memiliki postur ASN yang ideal sesuai kebutuhan oeganisasi. Jadi mulai sekarang jangan lagi ada pegawai ASN yang hanya mengobrol sambil makan di ruang kerja, pagi datang langsung pergi ijin sarapan, jam 11 ijin sholat dan makan siang sampai jam 13.30, jam 15.00 ijin sholat sampai jam 16.00 absen trus pulang.....wah enak sekali...kapan kerjanya?? (red).

Sumber : http://www.menpan.go.id/berita-terkini/5032-dpr-apresiasi-kinerja-menteri-yuddy

Baca juga : CPNS 2016 Hoak !!! http://tambahrejo.web.id/index.php/first/artikel/213

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

 

 

Layanan Mandiri Desa


Ketik NIK & PIN (KTP Tambahrejo)

Komentar Terkini

Balai Desa Tambahrejo

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Seputar Combine Ri

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Tim Redaksi Website Desa

Pelindung: Bp.Arifin (Kepala Desa Tambahrejo; Penasehat: Bp.Sutjiptadi (Sekretaris Desa), Bp.Sutrisno (Ketua BPD), Bp.Saras (Babinkamtibmas)dan Bp.Ahmad Sobri (Babinsa); Pimpinan Redaksi: Bp.Agus Haryanto; Admin Website: Bp. Agus Haryanto dan Bp.Afifudin; Operator SID: Ibu.Susanti dan Bp.M.Basari; Admin Facebook: Bp. Sutarto; Admin Tweeter: Bp.Agus Haryanto; Admin E-mail: Bp.Afifudin; Kontributor Desa: Bp.Widoko dan Bp.Solikhin; Kontributor Masyarakat: ... ; Publikasi dan Promosi: Bp.Kariyoso dan Bp.Adi Widodo.